WONG JOWO IN THE BLOG MENGUCAPKAN "SELAMAT TAHUN BARU MASEHI 2018", SEMOGA DITAHUN BARU INI GUSTI ALLAH SWT,BANYAK BERKAH DAN BAROKAH, SEHINGGA MENAMBAH KESEMPURNAAN HIDUP DAN IBADAH KITA, AMIN YA RABBAL ALAMIN

Monday, March 27, 2017

DAKWAH KANJENG SUNAN KALIJOGO DENGAN TEMBANG(SYAIR)

    Didalam menyebarkan/syiar agama islam kanjeng sunan Kalijogo tidak meninggalkan adat jawa dengan tujuan, untuk mempermudah dalam menyampaikan ajaran islam dan tidak menimbulkan perdebatan sehingga syiar ajaran islam menjadi indah, merasuk dan mudah dimengerti, sebagai contoh dengan tembang atau syair sebagai berikut :

Kanjeng Sunan Kalijogo
      1. MASKUMAMBANG
           medhune nyawa nang alam ndonya kanti di kapati, di pitoni, di kanti waosan al quran lan                    sholawat. medhune nyawa nang alam donya kok mlebu nang ragane ibu dadi bayi, mengko                  yen dadi bayi tak jenengi tembang Mijil.
         
          _turunnya nyawa manusia di alam dunia dalam alam kandungan ibu menjadi bayi di peringati              dengan selamatan 7 bulanan, dibacakan al quran baik surat yusuf untuk bayi laki2 atau                      surat maryam untuk bayi perempuan,

      2. MIJIL
          tegese bocah lahir rupa lanang rupa wadon/ wedhok. yen lanang wedhus 2, yen wedok wedhus           1 di aqiqohi di sahadahke dumateng Gusti Allah SWT, Sakwuse Wijil tembange Kinanti.
         
           _artinya kelahiran bayi laki-laki atau perempuan, di adakan sukuran selamatan                                    aqiqah(penebusan dengan menyembelih kambing) 2 ekor untuk bayi laki-laki, 1 ekor                            untuk bayi perempuan yang ditujukan kepada Gusti Allah SWT.
   
      3. KINANTI
          bocah cilik2 kuwi (kinanti) kudu di kanti ahklaq di kanti agama. mulakne kaya NU gawe TPA,           TPQ, Roudhotu Atfal iku kanggo nrima kinanti2 iku. (kinanti) cilik-cilik kok ora di ajar akhlak,           ora dikanti agama mengko ndak mleset. Amarga menungsa arep mlebu tembang Sinom.
     
          _anak2 kecil itu (generasi penerus/Balita) harus di didik, di didik akhlaq juga di didik agama.               maka dari itulah seperti NU(Nahdatul Ulama) membuat TPA(Taman Pendidikan Al-quran),                 Roudhotul Atfal (TK berbasis Islam) itu untuk mendidik Balita. Balita itu jika tidak di didik                 akhlak, tidak dikenalkan agama bisa berbahaya akhlaknya saat beranjak dewasanya.

      4. SINOM
          bocah bakal dadi enom. Bocah yen enom ndablek, angel diwulang. Sakwuse kuwi tembange               Asmorodono

          _anak balita akan tumbuh menjadi pemuda dan pemudi. jika pemuda dan pemudi itu tidak                     tertanam/ di didik akhlak yang baik dan agama sejak, maka akan sulit menerima pendidikan               itu saat dewasa.  

      5. ASMORODONO
          Bocah yen atine wis ketaman asmara, wis wiwit "jatuh cinta", ora isa diajarai. wong tai                     kucing wae jarene rasa coklat. Bubar kuwi tembange Gambuh.
       
          _Pemuda dan pemudi itu pada akhirnya akan memasuki fase indahnya cinta dan kasih,                         menyukai lawan jenisnya, tidak perlu diajari rasa itu akan tumbuh saat akhil balig.                             keindahannya bisa di ibaratkan tai kucing seperti rasa coklat.

      6. GAMBUH
          Tempuk bocah lanang wadhon mbangun omah-omah/rumah tangga. diterusne tembange                       Dandang Gula.

          _Fase saat pemuda dan pemudi menjalin ikatan dalam pernikahan menjadi suami dan istri.                     mendirikan negara bernama rumah tangga dan siap menjadi bapak juga ibu.

      7. DANDANG GULA
          Dandang pahit, gula legi, yen entuk bojo pinter golek duwit, uripe rukun adem ayem tentrem               kuwi entuke legi kaya gulo, Nenging yen entuk bojo kok gaweane ming tayuban, anane ming             ngramal togel, bali2 nggablok, kuwi entuk'e pahit kaya dandang. Dadi wis bisa ngrasakne pahit           legine urip.

          _Gambaran dalam kehidupan rumah tangga, ada pahit dan manis. semua tergantung                             bagaimana dalam menjalani hidup bersama, mulai dari mencari jodoh baik laki2 maupun                   perempuan. menikah hidup bersama dalam komunikasi, kebersamaan di dalam hidup                          berumah tangga, kalau berjalan baik terasa manis, jika tidak harmonis akan terasa pahit.
   
      8. DURMO
          Wayahe darmakne raja brana, ilmu khoirun nass anfa'uhum linnas.

           _Jika diberikan kelebihan pada rejeki yang kita peroleh, janganlah kita nikmati sendiri karena             ada hak untuk fakir dan miskin, karena semua sudah tertulis dan diajarkan oleh ilmu agama               untuk kebaikan kita dengan sesama manusia dan sang pencipta manusia Gusti Allah SWT

      9. PANGKUR
          Menungsa ngerti-ngerti mungkur soko ndonya. paramila yen ndang mungkur golek dalan sing             bener, mlebu masjid, nggolek ulama sak durunge kesusul tembang MEGATRUH

          _Tanpa kita tau datangnya manusia itu akan mengalami mati, untuk itulah kita dituntut                         mencari  jalan kebenaran dalam menjalankan hidup, beragama, iman yang kuat, akhlak yang             baik, beribadah, bersedekah dari harta yang kita miliki, membantu sesama dengan                               keikhlasan. sehingga kita tidak menjadi orang yang merugi saat meninggal dunia.

    10. MEGATRUH
          Copot sukma saking rogone.

          _Kematian atau bercerainya ruh dengan raga kita.

    11. PUCUNG
          Manungsa akhire ming di pocong, trus dilebokne nang lawang ciut. mula di jenengi BUYUT               seng tegese siap2 mlebu lawang ciyut. Yen wes mlebu lawang ciyut ketemu karo malaikat                   Munkar lan Nakir.

          _Pakaian terakhir kita balutan kain kafan atau pocong, diantar di kuburan tempat istirahat                   jasad atau raga untuk selamanya dan sebagai pintu menuju hidup abadi tanpa bernafas di                  alam keabadian, kita akan bertemu dengan sang penjaga yaitu malaikat munkar dan nakir                  untuk mempertanggung jawabkan semua hasil karya hidup kita, kita digolongkan kemana,                  dalam ke dalam kebaikan dan kemungkaran, maka ada sebutan BUYUT yang berarti                          mleBU(masuk) lawang ciYUT(Pintu sempit).

semoga dari uraian diatas kita mendapatkan kebaikan sehingga kita berhati-hati dalam menjalankan hidup yang sementara ini sehingga saat kita dipanggil kembali sewaktu-waktu untuk menghadap Gusti Allah SWT. kita punya bekal yang cukup dalam menjalankan ibadah dan keseharian hidup bermasyarakat, sehingga tidak menyusahkan yang hidup dan menyusahkan kita sendiri yang mati.
Amin Ya robbal alamin

Sumber : Post Facebook, Forum Kejawen

No comments:

Post a Comment